About Us


Aceh Tengah dan Bener Meriah, negeri di atas awan dirundung duka. Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR mengguncang pada siang Selasa 2 Juli 2013.

Tanah retak. Bangunan berserak. Rubuh hingga rata dengan tanah.
Tangis membuncah. Tubuh kaku tertimbun. Lalu tawa berubah duka.

Banyak sekolah-sekolah yang hancur. Aktivitas belajar mengajarpun terganggu. Anak-anak harus berdiam diri dan menghabiskan waktu dalam pengungsian. Belum lagi trauma pasca gempa yang tak kunjung hilang. Dan saat ini, yang paling mereka butuhkan adalah uluran tangan dan kepedulian.

Maka dengan semangat yang sama. Saling menggenggam dan bahu membahu membangkitkan keceriaan anak-anak, kami relawan gabungan dari komunitas/organisasi di Banda Aceh hadir mencoba meringankan penderitaan mereka.

Tim relawan ini terdiri dari perwakilan komunitas/organisasi seperti, Forum Lingkar Pena (FLP) Aceh, komunitas Jeuneurob, Aceh Nature Community (ANC), Discover Aceh (www.discoveraceh.com), Forum Alumni Muharram Jurnalis College (FAMJC), Lamp On Aceh Film Community, Klub Mendongeng Rumahpohon Activity Banda Aceh, dan kalangan fotografer serta jurnalis.

Tim relawan ini akan berada di lokasi bencana selama bulan Ramadhan. Posko direncanakan rencananya akan dibangun di dua titik, yaitu Kute Gelime dan Blang Mancung. Dua lokasi terparah akibat gempa dan menjadi pusat pengungsian.

Fokus kegiatan tim adalah membangun posko psikososial untuk anak-anak. Mengedukasi anak-anak sebagai salah satu alternatif trauma healing (pemulihan trauma), dan menumbuhkan keceriaan kembali pasca bencana dengan kegiatan:

-       Sekolah alternatif/non formal –menulis, menggambang, bermusik .
-       Mengajar mengaji
-       Games seru penuh edukasi
-       Pelatihan membuat film dan foto.
-       Klub mendongeng

Pada tahap awal, tim akan mengirim relawan yang diberangkatkan pada tanggal 11 Juli 2013 bertepatan 2 Ramadhan 1434 H. Tim relawan #CareAnakGayo juga akan berkoordinasi dengan beberapa tim relawan yang sebelumnya sudah berada di sana.
Saat ini sejumlah buku bacaan, buku gambar, crayon dan mainan sudah diperoleh dari para penyumbang. Tapi jumlahnya masih belum mencukupi. Sangat diharapkan bantuan lebih lanjut berupa:
-       Mainan edukatif
-       ATK
-       Perlengkapan mewarnai
-       Buku bacaan dan perlengkapan sekolah
-       Buku pengajaran SD, SMP

Bantuan bisa langsung diantar ke POSKO BERSAMA, di sekretariat AJI Banda Aceh, Jalan Angsa, No 23, Gampong Bathoh, Lueng Bata, Banda Aceh. Bantuan juga bisa langsung diantar langsung ke sekretariatan Forum Lingkar Pena (FLP) Aceh, jalan Kupua II Lambaro Skep setiap hari jam 09:00 s/d 16:00 WIB

Contact Person:
Aula Andika Fikrullah Al-balad (085277499721)
Hasdiani Putri (082160735499)
Mauliana D'orcyd (085360094613)
Yanti (081362081462)
Hamzah (085261656603)


Selain dalam bentuk barang, tim juga menerima donasi melalui nomor rekening
BNI 0160497371 a.n. Nuril Annissa, BNI cabang Darussalam.
BCA 0430-7356-83 a/n Rinaldi
BRI 3340-01-020615-53-7 a/n Yanti Oktiva
Saat ini tim relawan masih bergerak secara swadaya. Bagi yang ingin membantu dana operasional dapat disalurkan ke rekening tersebut.
Laporan penggunaan dana, penyaluran barang-barang bantuan dan update kegiatan relawan #CareAnakGayo di lapangan dapat di akses melalui situs http://careanakgayo.blogspot.com/


Categories:

Leave a Reply